RANCANG BANGUN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Author : Dini Handayani, Yudiana, Yudin Wahyudin

SMK Negeri 1 Karawang adalah sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berlokasi di Kabupaten Karawang yang saat ini memiliki fasilitas bantuan beasiswa yang diberikan kepada siswa dan siswinya. Sumber bantuan beasiswa tersebut bisa berasal dari pihak internal maupun eksternal. Saat ini SMK Negeri 1 Karawang tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari pihak eksternal, tetapi hanya menerima bantuan beasiswa dari pihak internal seperti bantuan beasiswa dari para Alumni SMK Negeri 1 Karawang. Bentuk bantuan beasiswa tersebut berbentuk uang dan khusus untuk siswa dan siswi yang berprestasi serta berasal dari keluarga tidak mampu.
Dalam proses penentuan pemberian beasiswa ada beberapa kriteria yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu seperti Kriteria Prestasi, Kedisiplinan, Kehadiran dan Penghasilan Orang Tua. Proses yang dilakukan dalam seleksi dimulai dari pihak kurikulum merekap kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dijadikan bahan rapat antara guru dan wali kelas dan diusulkan ke Kepala Sekolah untuk menetapkan siswa yang layak mendapatkan penerima beasiswa. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bagian kurikulum dalam merekap data siswa berdasarkan prestasi yang diperoleh, kedisiplinan dalam mentaati aturan sekolah, tingkat kehadiran dari semua siswa dan data penghasilan orang tua siswa. Kemudian proses penetapan dan penentuan siswa penerima beasiswa saat ini tidak ada perhitungan khusus dan pembobotan setiap kriteria. Untuk itu dibutuhkan suatu Sistem Penunjang Keputusan (SPK) sehingga keputusan yang diperoleh lebih akurat. Metode perhitungan sistem penunjang keputusan yang digunakan yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW).
Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) proses penilaian bisa lebih tepat, karena berdasarkan pada nilai kriteria dan bobot tingkat kepentingan yang dibutuhkan dan juga bobot nilai bisa ditentukan sendiri oleh pengambil keputusan.

Link Artikel : https://e-journal.rosma.ac.id/index.php/interkom/article/view/106