PEMODELAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT APLIKASI ANTRIAN PENGAMBILAN STNK (STUDI KASUS : KANTOR KEJAKSAAN KARAWANG)

Author : Lila Setiyani, Reni Rachmawati

Penumpukan antrian pada pengambilan STNK di Kantor Kejaksaan Karawang menyebabkan kekecewaan masyarakat, sehingga berdampak pada nilai kualitas pelayanan. Permasalahan ini muncul karena pengelolaan antrian yang tidak efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun pemodelan penyederhanaan dari proses bisnis antrian tersebut, yang dapat diimplementasikan oleh Kantor Kejaksaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan business process improvement. Analisis proses bisnis dilakukan melalui wawancara secara mendalam dari dua responden yaitu staf kejaksaan dan masyarakat. Hasil analisis kemudian di intepretasikan menggunakan busniness process modelling notation(BPMN) yang kemudian disederhanakan sehingga didapat model proses bisnis yang lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian ini berupa model aplikasi antrian pengambilan STNK yang dapat di implementasikan pada Kantor Kejaksaan Karawang. Penelitian ini berkontribusi dalam peningkatan kualitas dan kepuasan masyarakat terhadap layanan dari Kantor Kejaksaan Karawang.

Link Artikel : https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/5988